Makanan Anak Agar Tumbuh Cerdas

 On Sunday 9 October 2016  

Sri Susanti Blog - Keinginan dari setiap Bunda jika anak memiliki tumbuh kembang yang maksimal. Selain menjadi anak cerdas, Bunda pasti juga mengingkan untuk anaknya dapat tumbuh sehat dan memiliki daya tahan tubuh serta daya ingat otak yang bagus. Hal ini wajar karena setiap Bunda punya harapan lebih agar anaknya bisa sukses dimasa depannya nanti. Untuk mencapai keinginan ini maka banyak langkah yang bisa Bunda tempuh untuk mewujudkan anak menjadi cerdas dan juga sehat.
Makanan Untuk Tumbuh Cerdas

Selain dengan mendidiknya dengan pendidikan yang bagus, ada juga hal lain yang perlu Bunda perhatikan yaitu dengan memberikan nutrisi anak setiap hari dan menjaga pola asupan makannya. Selain itu, alangkah bagusnya juga jika nutrisinya ditambah dengan Gizidat untuk menambah berat badan anak dan terbukti kaya akan manfaat agar anak cerdas. Sebenarnya ada banyak makanan agar anak cerdas. Coba Bunda simak berikut beberapa makanan agar dapat membuat anak cerdas.

1. Buah

Pertama adalah Buah Beri. Buah ini sebenarnya ada beberapa jenis seperti strawberry, raspberry, blueberry dan lainnya. Di dalam buah beri terkandung banyak nutrisi penting untuk perkembangan otak anak. Strawberry dan blueberry menurut beberapa penelitian dipercaya dapat memperbaiki fungsi daya ingat otak anak. Biji buah beri juga mengandung nutrisi yang berguna untuk perkembangan kecerdasan otak yaitu asam lemak omega 3. Selain itu dalam buah beri juga terkandung vitamin C dan kaya akan anti oksidan.

2. Susu dan Yogurt

Kedua adalah susu dan yogurt. Jenis minuman ini memiliki kandungan protein dan vitamin B tinggi. Kedua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Hasil riset mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan, karena vitamin D juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan. Jadi susu dan yogurt juga baik agar anak cerdas.

3. Daging

Ketiga adalah daging sapi bebas lemak. Salah satu sumber makanan agar anak cerdas ini mengandung banyak zat besi. Zat besi merupakan jenis mineral esensial yang akan membantu menjaga energi untuk anak-anak dan berkonsentrasi saat belajar. Mengonsumsi daging sapi bebas lemak setiap hari dengan takaran tertentu, maka tubuh akan terbantu dalam penyerapan zat besi dan sumber nutrisi lainnya. Daging sapi bebas lemak juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat.

4. Oat

Keempat adalah oat atau oatmeal. Makanan berbahan gandum utuh ini merupakan salah satu jenis sereal paling banyak digemari anak-anak karena kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari seperti belajar disekolah. Oat kaya akan kandungan serat. Oat juga dapat menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat mengandung sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas yang terbaik.

5. Sayuran

Kelima adalah sayuran. Mengonsumsi sayuran setiap hari yang masih segar, bersih dan berwarna cerah sangat baik untuk otak agar anak cerdas. Sayuran yang berwarna cerah seperti tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak menjadi kuat dan sehat. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi sayuran jangan sampai sudah bau, layu dan kondisi buruk. Agar tidak bosan sayuran bisa dibuat berbagai macam variasi makanan.

Yang terakhir adalah telur yang merupakan sumber protein penting bagi pertumbuhan anak. Harga telur yang cukup terjangkau dan mudah didapatkan membuat telur menjadi pilihan untuk konsumsi anak. Pilihlah telur yang baik dan bagus yang memiliki ciri berkulit mulus, tidak retak, tidak terapung jika direndam dalam air, dan memiliki putih telur yang jernih. Bagian kuning telur memiliki kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat. Ini sangat baik agar anak cerdas.

Demikianlah makanan-makanan untuk anak agar tumbuh cerdas, pasti bunda bangga memiliki anak seperti ini. Ayo berikan makanan yang bergizi agar anak-anak tumbuh menjadi anak yang cerdas.


No comments:

Post a Comment