Indramayu Kota Wisata Penuh Pesona

 On Friday 27 May 2016  

Indramayu Kota Wisata Penuh Pesona - Kota Indramayu ialah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya ialah Indramayu yang adalah pusat pemerintahan, sementara titik keramaian malah berada di kecamatan Jatibarang dan Haurgeulis, urusan ini disebabkan di Jatibarang ada pusat Pasar dan mempunyai akses yang gampang seperti Jalur Pantura dan Stasiun Kereta Api, urusan yang sama pun terjadi guna Kecamatan Haurgeulis walau tak dilalui secara langsung oleh Jalur Pantura, tetapi Kecamatan ini dilewati oleh Jalur Kereta Api. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Cirebon di tenggara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang di Selatan, serta Kabupaten Subang di barat.
icon indramayu kota wisata
Kabupaten Indramayu terdiri atas 33 kecamatan, yang dipecah lagi atas sebanyak 315 desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan sedang di Kecamatan Indramayu. Hari jadi Kabupaten Indramayu diputuskan pada tanggal 7 Oktober 1527. Indramayu diarungi jalur pantura, yaitu jalur utama dan terpadat di Pulau Jawa, khususnya pada musim mudik lebaran. Kabupaten ini juga diarungi oleh jalur kereta api lintas utara Pulau Jawa dan dikelilingi lahan pertanian.

Indramayu Kota Wisata

Walaupun Indramayu sedang di Jawa Barat yang notabene ialah tanah Pasundan yang berbudaya dan berbahasa Sunda, tetapi sebagian besar warga Indramayu mempergunakan Bahasa Cirebon logat Indramayu, masyarakat setempat menyebutnya dengan Basa Dermayon, yakni logat Bahasa Cirebon yang nyaris serupa dengan Bahasa Cirebon yang dipergunakan di distrik pusat Keraton Cirebon di Kota Cirebon, dalam Bahasa Cirebon logat Indramayu tata bahasanya terbagi menjadi dua yaitu Basa Besiken (dipergunakan untuk berkata dalam tatanan sah dan memuliakan lawan bicara) dan Basa Ngoko (dipergunakan keseharian dalam pergaulan).
indramayu kota wisata
Di bagian unsur selatan dan barat daya kabupaten ini, sejumlah wilayah memakai bahasa Sunda, menilik sejarah kabupaten Indramayu yang dulu pernah masuk kedalam distrik Kerajaan Galuh dan Sumedang Larang di Wilayah Selatan, sehingga memprovokasi masyarakatnya berbahasa Sunda Khas Indramayu yang dinamakan Sunda Parean.

Tempat-Tempat Wisata di Kota Indramayu

Berikut ini ialah tempat-tempat wisata yang terdapat di kota Indramayu, mungkin kamu tertarik guna mendatanginya :

1. Pulau Biawak
Apabila kamu ke pulau biawak, maka kesatu kali bakal disambut oleh menara mercusuar kuno yang di bangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872. Pulau ini menjadi destinasi wisata yang patut kamu kunjungi karena keindahan yang ditawarkannya. Pulau ini mempunyai taman laut dengan ikan hias yang estetis dan pelbagai serta terumbu karang yang asri.
Pulau Biawak
Pulau ini juga dikelilingi pantai berpasir putih halus dengan tanaman bakau dan mangrove yang lumayan menyeluruh jenisnya. Seperti namanya sendiri, disini kamu akan disambut oleh hewan biawak yang tersebar. Ada tidak sedikit hal yang kamu dapat nikmati di pulau biawak laksana memancing, snorkeling dan wisata petualangan. Pulau biawak mempunyai luas 120 ha. Untuk lokasinya Pulau Biawak terletak 40 km sebelah unsur utara kota wisata Indramayu yang dapat di jangkau dengan perahu nelayan.

2. Pantai Karangsong
Destinasi wisata yang ada di Indramayu yang satu ini ialah wisata pantai yang di gabung dengan wisata hutan mangrove yang menjadikan wisata ini sangat populer dan tidak tidak banyak di kunjungi. Bagi dapat menuju hutan mangrove ini, kamu harus menggunakan sarana transportasi perahu milik nelayan atau kamu dapat melakukan pembelian ticket yang telah di sediakan panitia.
Pantai Karangsong
Disini kamu bisa menyusuri hutan mangrove dan menyaksikan sekian tidak sedikit jenis mangrove dilahan seluas lebih 25 hektar. Jika kamu mengerjakan pembelian ticket di panitia kamu akan di turunkan di post yang telah di sediakan. Di pantai karangsong kamu dapat mengelilingi hutan mangrove dengan jembatan bambu panjang sebagai pijakannya. Selain pantai karangsong Indramayu kota wisata juga masih mempunyai banyak pantai diantaranya Pantai Tirtamaya, Pantai Balongan Indah, Pantai Blayem, Lemah Abang.

3. Waterboom Bojongsari Indramayu
Waterboom Bojongsari Indramayu
Untuk tempat wisata modern Indramayu memiliki Waterboom Bojongsari. Taman bermain air atau waterpark baru yang ada di Indramayu. WBI dilengkapi dengan sejumlah kemudahan seperti empang renang, waterboom, bungee trampolin, empang renang arus sampai dengan karaoke keluarga.

Wisata Kuliner Kota Indramayu

Untuk kamu yang hobi makan, banyak makanan yang patut kamu coba jika datang ke Indramayu kota wisata. Berikut ini adalah beberpa makanan yang mungkin bisa membuat kamu tertarik untuk mencicipinya :

1. Pindang Gombyang Manyung
Salah satu makanan khas dari Indramayu yang populer merupakan pindang gombyang manyung. Pindang gombyang manyung ini serupa dengan gulai. Yang bertolak belakang ialah bahan baku yang diolah menggunakan kepala ikan. Ikan yang dipakai ialah ikan manyung. Rasa dari pindang gombyang manyung ini sangatlah kaya.
Pindang Gombyang Manyung
Bumbunya yang terdiri atas sebanyak rempah-rempah khas Indonesia yang memang memiliki rasa yang khas, seperti jahe, kunyit, lengkuas, kemiri, bawang putih, bawang merah, dan sebanyak bumbu rahasia lainnya. Sebagai tambahan, dalam menu pindang gombyang manyung diberi tambahan belimbing wuluh dengan rasanya yang segar. Bagi dapat merasakan pindang gombyang manyung, kamu bisa menemukannya di sekitar Pantai Utara Indramayu. Menu pindang gombyang manyung disajikan dengan nasi dan lalapan seharga Rp 15.000.

2. Nasi Lengko
Makanan khas wilayah Indramayu lainnya merupakan sega lengko atau yang dikenal dengan sebutan nasi lengko. Seperti namanya, nasi lengko ini ialah penganan yang berbahan dasar nasi yang diperbanyak sejumlah bahan makanan lain. Di Indramayu, nasi lengko ini sering dijadikan menu sarapan. Di samping harganya murah, nasi lengko ini juga bernilai gizi yang tinggi. Isian dari nasi lengko sendiri di antaranya merupakan nasi putih yang biasanya disajikan panas-panas. Diatas nasi biasanya ditaburi irisan tahu goreng dan tempe goreng, serta sayuran. Sayuran dalam nasi lengko di antaranya merupakan mentimun mentah yang diiris atau dicacah, tauge yang sebelumnya telah direbus, dan daun kucai yang dipotong kecil-kecil.
Nasi Lengko
Bahan baku nasi lengko tersebut kemudian disiram bumbu kacang yang serupa dengan bumbu rujak atau pecel. Untuk kepedasan, dapat disesuaikan dengan selera pembeli. Tidak sampai disitu, nasi lengko yang lengkap dengan bahan pelengkap dan bumbu kacangnya tersebut kemudian disiram dengan kecap manis yang encer seperti kecap inggris. Untuk menambah kelezatan rasa dan aroma, nasi lengko ini kemudian ditaburi bawang goreng yang gurih.

3. Rumbah Kangkung
Jika Jakarta punya gado-gado dan Bandung punya Lotek maka Indramayu punya rumbah. Sama seperti halnya gado-gado atau lotek, rumbah ialah penganan yang terdiri atas sayuran yang sebelumnya sudah dimasak dengan kiat direbus. Beberapa sayuran yang biasa digunakan pada menu ini merupakan kangkung, kacang panjang, tauge, timun, kol, dan sebanyak jenis sayuran lainnya. Bahan baku tersebut kemudian disiram bumbu kacang. Yang mengasingkan rumbah dengan makanan sejenis lainnya, seperti gado-gado, lotek, atau pecel merupakan kuah tambahan yang digunakan. Jika pada gado-gado, lotek, atau pecel bumbu yang dipakai lumayan bumbu kacang maka lain dengan rumbah.
Rumbah Kangkung
Bahan baku yang terdiri atas sayur-sayuran yang sudah disiram dengan bumbu kacang, akan ditambah dengan sambal asem dan dicampur dengan air petis. Air petis ini terbuat dari air sisa masak ikan laut yang menggunakan gula merah. Bagi kamu yang penasaran dengan menu sehat, kaya serat, dan non-hewani ini, dapat kamu temui di Jalan Pantura Eretan Kulon, Indramayu. Disana, ada satu tempat makan memiliki nama Rumbah Darinih yang familiar sampai wisatawan mancanegara.

Demikianlah sedikit tentang Indramayu kota wisata dan kuliner yang sangat unik berkualitas. Semoga artikel ini menjadi referensi kamu dalam mencari makanan dan tempat wisata di kota Indramayu.


2 comments:

  1. Sip sangat bermanfaat, infonya. berhubung saya org baru di indrmayu.. Jadi tau tempat wisata yg asyik disini hehe

    ReplyDelete