Obat Tradisional Alami Penurun Demam Anak

 On Sunday 23 October 2016  

Sri Susanti Blog - saya akan berbagi sedikit tentang obat tradisional alami penurun demam anak. Tidak ada orang tua di dunia ini yang tega membiarkan buah hatinya mengalami sakit. Baik itu sakit berat ataupun ringan sekalipun. Banyak hal yang menyebabkan anak sakit salah satunya karena infeksi virus. Penyakit pada anak balita yang sering menyerang selain batuk yaitu ada juga penyakit demam atau panas. Anak Bunda yang masih balita atau mungkin masih bayi memang lebih beresiko terkena penyakit demam ini.
obat demam anak

Demam atau panas yang terjadi pada anak-anak dapat terjadi kapan saja. Bahkan kadang tanpa sebab yang pasti atau tidak Bunda ketahui sebelumnya tiba-tiba panas begitu saja. Panas yang menyerang pada anak dapat terjadi akibat beberapa hal. Menjadi panik saat anak panas memang hal wajar tetapi kepanikan yang Bunda alami sebaiknya jangan terlalu lama, segeralah melakukan pengobatan untuk penyakit demam yang anak Bunda derita.

Obat Alami Penurun Demam Anak

Mengatasi penyakit demam dengan obat alami demam anak dengan menggunakan aneka macam obat-obatan adalah pilihan terakhir, jika demam tidak kunjung menurun. Pengobatan yang paling tepat yaitu dengan memilih cara tradisional alami, di sekitar Bunda ada banyak sekali tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan demam anak. Berikut adalah tanaman yang bisa digunakan sebagai obat tradisional alami penurun demam anak.

Temulawak

Temulawak memiliki kandungan seperti zat aktif germacrene, alpha betha curcumena dan xanthorrhizol. Kandungan yang ada dalam temulawak ini berfungsi sebagai antibiotik dan juga anti inflamsi. Hal ini cocok digunakan sebagai obat penurun demam pada anak. Bunda juga bisa menggunakan madu anak Gizidat agar tumbuh cerdas dan menurunkan demam anak karena mengandung temulawak.

Cara membuat obat tradisional penurun demam anak yaitu parut sekitar 1 ruas jari temulawak. Lalu campurkan parutan temulawak tadi dengan setengah gelas air. Aduk dan kemudian saring dan peras airnya. Gunakan sari dari perasan temulawak tadi dan tambahkan juga madu. Obat tradisional ini siap diberikan kepada si anak.

Bawang merah

Sejak dahulu, khasiat bawang merah sudah digunakan untuk menurunkan panas pada bayi. Kandungan yang ada didalam bawang merah sangat baik untuk kesehatan anak. Diantara kandungan dari bawang merah yaitu minyak atsiri, sikloaliin metilaliin, kuersetin dan juga floroglusin. Semua kandungan didalam bawang merah ini bermanfaat untuk menurunkan panas.

Cara untuk membuat obat tradisional penurun demam anak dengan bawang merah cukup mudah yaitu bawang merah dapat diparut ataupun diiris tipis beberapa buah, tambahkan juga sedikit minyak kelapa. Balurkan ramuan ini pada tubuh bayi atau anak Bunda. Tunggu hasil yang diberikan oleh ramuan ini.

Kunyit

Kunyit ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan demam atau panas anak. Kunyit juga memiliki kandungan minyak atsiri, selain itu kandungan kunyit yaitu turmeron, curcumin dan juga zingiberen juga terdapat didalamnya. Kandungan yang ada didalam kunyit berfungsi sebagai anti inflamasi, antioksidan dan juga antibakteri sebagai penurun panas anak.

Caranya membuat obatnya yaitu parut kunyit yang berukuran sekitar 1 ruas jari, lalu campur dengan air panas setengah gelas. Setelah dingin, peras ramuan tersebut dan ambil sarinya saja untuk diberikan ke buah hati Bunda. Obat tradisional alami penurun panas pada balita ini akan semakin ampuh jika ditambah dengan perasan jeruk nipis dan juga madu.

Demikianlah beberapa tanaman tradisional disekitar Bunda yang bisa digunakan untuk menurunkan demam anakl, semoga dapat bermanfaat untuk Bunda. Anak-anak rentan terkena demam, jika tubuh anak Bunda terkena demam maka jangan panik dan segera gunakan obat tradisional penurun panas ini untuk menurunkan panasnya. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment