Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

 On Friday 10 April 2020  

Sri Susanti Blog - Penambah vitamin penambah nafsu makan anaku Makan Anak – Berkurang atau hilangnya nafsu makan anak tentu merupakan hal yang tidak di inginkan oleh orang tua, terutama Bunda. Tidak ada seorang Bunda pun yang menginginkan anaknya turun nafsu makannya, karena ini akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Apabila anak mempunyai nafsu makan yang kurang maka diperlukan penambah nafsu makan anak agar ia bisa mempunyai nafsu makan kembali sehingga dapat tumbuh berkembang dengan baik dan tidak mengalami gangguan atau kekurangan gizi yang mengganggu pertumbuhan anak.

Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Pada dasarnya setiap anak mungkin pernah mengalami penurunan nafsu makan terutama pada anak usia balita. Banyak sebab yang dapat membuatnya enggan untuk makan misalnya bosan dengan makanan yang diberikan Bunda setiap hari, anak terlanjur kenyang dengan camilan yang Bunda berikan atau bisa juga porsi makan yang berlebihan sehingga membuatnya enggan untuk makan atau bahkan pada dasarnya ia tidak mau makan makanan apapun. Nah dalam situasi seperti ini diperlukan makanan atau vitamin penambah nafsu makan anak.

Banyak cara yang dilakukan ketika anak menolak untuk makan. Misalnya anak menunda makan dengan mengulur waktunya, memilih-milih menu makanan sendiri, menutup mulut saat disuapi makanan atau bahkan melepeh makanan yang sudah diberikan Bunda kepadanya. Disini Bunda tak perlu marah dan jengkel karena sikap anak yang menolak untuk makan. Tugas Bunda adalah mencari tahu penyebab anak-anak turun nafsu makannya lalu dapat mengatasi permasalahan nafsu makan anak tersebut dengan langkah yang tepat dan cepat. Bunda juga perlu sabar dan telaten dalam memberikan makan kepada anak.

Kondisi menurunnya nafsu makan anak bisa diatasi salah satunya dengan memberikan suplemen penambah nafsu makan. Didalam suplemen penambah nafsu makan anak biasanya mengandung vitamin penambah nafsu makan anak. Selain vitamin juga terdapat zat aktif lainnya yang digunakan untuk penambah nafsu makan.

Berbagai Macam Vitamin Untuk Anak

Vitamin yang terkandung dalam suplemen penambah nafsu makan biasanya terdapat beberapa jenis vitamin misalnya vitamin A (Retinol) yang mempunyai peran dalam pembentukan indra penglihatan yang baik, menjaga kesehatan kulit dan menjaga imunitas tubuh. Selain itu juga ada vitamin B-kompleks yang penting bagi tubuh karena memiliki manfaat unik dalam tubuh. Vitamin B kompleks larut dalam air. Vitamin B terdapat berbagai jenis misalnya vitamin B1 (Tiamin) berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, membantu mengonversi karbohidrat menjadi energi, membantu proses metabolisme protein dan lemak.

Vitamin B2 (Riboflavin) berperan penting dalam pertumbuhan badan, produksi sel darah merah, dan respirasi jaringan tubuh. Pada proses metabolisme vitamin lain dan mineral juga membutuhkan vitamin ini. Vitamin B6 (Piridoksina) berperan dalam metabolisme nutrisi dan pembentukan senyawa serotonin yang akan digunakan untuk menjaga sistem imun yang baik. Vitamin B12 (Sianokobalamin) berperan dalam metabolisme energi di dalam tubuh, memelihara kesehatan sel saraf, pembentukkan molekul DNA dan RNA, pembentukan platelet darah. Sumber makanan yang mengandung banyak vitamin-vitamin tersebut bisa didapatkan dari sereal (padi, gandum), kacang-kacangan, ayam, daging, telur, dan susu.

Selain vitamin untuk penambah nafsu makan , juga ada zat-zat aktif lain yang terkandung dalam suplemen penambah nafsu makan, seperti dekspantenol atau pro vitamin B5. Jika tubuh kekurangan dekspantenol ini akan berpotensi menyebabkan keterlambatan dalam pertumbuhan. Selain itu juga ada betakaroten (Pro Vit A) yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin A untuk kesehatan mata anak. Ada juga prebiotik yang berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik di dalam usus besar. Pertumbuhan bakteri baik yang semakin banyak akan bermanfaat banyak bagi tubuh anak karena dapat mengatasi keberadaan bakteri jahat. Secara umum manfaat prebiotik bagi tubuh ada banyak seperti meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan fungsi saluran cerna (sebagai serat) dan menormalkan frekuensi buang air besar, meningkatkan absorpsi kalsium.

Sebenarnya vitamin penambah nafsu makan anak tidak memiliki efek langsung pada nafsu makan anak, akan tetapi dapat membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi dari makanan. Oleh karena itu dengan mengembalikan keseimbangan vitamin dalam tubuh maka nafsu makan anak dapat meningkat.


No comments:

Post a Comment