Tips Menambah Berat Badan Anak Dalam Masa Pertumbuhan

 On Wednesday 5 October 2016  

Sri Susanti Blog – Tips menambah berat badan anak, tidak ada kesedihan yang dialami seorang Bunda salah satunya karena melihat anaknya susah makan. Banyak cara yang dilakukan agar anak doyan makan. Mulai dari cara ini dan itu banyak mungkin yang sudah dicoba. Seiring dengan bertambah usianya maka mau tidak mau akan terjadi perubahan pada diri anak baik itu perubahan tinggi dan berat badan ataupun yang lainnya, apakah bertambah atau berkurang dari kondisi sebelumnya.

Tips Menambah Berat Badan Anak

Pemberian asupan makanan sehat tentu akan membantu anak untuk tumbuh berkembangnya dengan baik dan memperkuat sistem kekebalan tubuhnya. Bunda seharusnya selalu memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan memberikan asupan makanan sehat dan bergizi tentu akan membantu anak bertumbuh dan berkembang dengan baik.

Bunda juga sebaiknya memikirkan makanan apa yang si kecil suka dan tidak suka. Usahakan setiap hari memberikan makanan yang bergizi kepada si kecil yang bisa dilakukan dengan berbagai inovasi. Misalnya bila si kecil tidak suka sayur, Bunda bisa membuatkan chicken nugget yang diisi sayuran. Bunda harus pintar-pintar dalam membuat kreasi makanan agar si kecil tidak bosan dan lahap makannya. Berikut beberapa tips mengatasi anak susah makan dan menaikkan berat badan anak agar berat badan si kecil naik.

Menambah Berat Badan Anak


Memberikan anak Bunda susu, saus salad, dan keju yang full fat. Itu beberapa makanan dan minuman yang kaya akan protein, lemak dan karbohidrat. Selain itu Bunda juga bisa memberikan daging sapi yang memiliki kandungan lemak tinggi. Tapi ini adalah solusi jangka pendek untuk menaikkan berat badan anak Bunda agar sesuai dengan pertumbuhannya. Ini juga bukan pola makan yang berlangsung seumur hidupnya. Karena jika diberi asupan ini terus menerus tidak akan bagus untuk tumbuh kembangnya.

Asupan makanan padat bisa menaikan berat badan anak. Bunda bisa memberikan asupan makanan yang mengandung kalori dan nutrisi tinggi. Tidak harus yang mahal asalkan bersih dan menyehatkan badan. Hindari makan-makanan yang kaya gula, lemak jenuh dan sodium.

Memberikan camilan sehat untuk anak. Camilan ini berfungsi sebagai alternatif tambahan makan bagi si kecil. Bila anak makan jam 7 pagi, Bunda bisa memberikan camilan itu pada siang hari atau sebelum makan siang dan sore hari atau sebelum makan malam. Bunda bisa memberikan camilan sehat ini secara rutin, agar anak mendapatkan energi dan berat badan pun bisa meningkat.

Menambahkan bahan-bahan berkalori tinggi dan kaya dengan zat gizi ke dalam makanan anak tanpa memperbanyak porsi makanan. Cukup berikan porsi yang sesuai dengan keinginannya jangan yang bisa membuat anak kewalahan. Misalnya, memberikan taburan keju diatas roti. Hanya berfungsi sebagai penambah saja.

Konsultasikan ke dokter untuk dapat membantu Bunda dalam meningkatkan kondisi anak agar berat badannya naik. Dengan mengontrolkannya pada dokter yang tepat harapannya dapat membantu meningkatkan kondisi tubuh anak jika hal itu berkaitan dengan masalah medis yang dialami si kecil.

Demikian beberapa tips menaikkan berat badan anak. Semakin rutin Bunda memberi asupan makanan kepada si kecil nantinya berat badannya akan naik. Akan tetapi jangan terlalu memforsir dan memaksa anak untuk makan terlalu banyak karena hal ini juga kurang baik untuk tumbuh kembangnya.


No comments:

Post a Comment