Madu Untuk Obat Alami Anak Sariawan

 On Saturday 22 July 2017  

Sri Susanti Blog – Anak-anak tentunya sangat susah untuk menjaga kebersihan mulut, sehingga sangat mudah terkena SAR. SAR atau Stomatitis Aftousa Rekuren atau peradanagn yang sering terjadi pada mulut khususnya bibir, atau sariawan adalah radang pada lapisan jaringan yang meliputi mulut.

Hal ini bisa terjadi di gusi, lidah, bibir, dan dasar mulut. Umumnya, menimbulkan rasa nyeri, kemerahan, pembengakan, dan kadang perdarahan pada daerah yang terkena. Madu obat sariawan pada anak yang sangat efektif.  Peradangan dimulut secara umum terjadi karena kurangnya konsumsi vitamin B, C dan juga zat besi Luka yang muncul pada mulut yang mengalami infeksi bakteri misalnya adalah karena tergigit, mengonsumsi makanan yang terlalu panas, makanan yang terlalu keras misalnya seperti keripik, dan luka saat sedang menggosok gigi, dll.



Kebersihan pada mulut yang kurang terjaga dengan baik. Akibat jamur seperti candida albicans, peradangan pada mulut sangat mengganggu khususnya ketika sedang makan, mengunyah ataupun sekedar minum air.

Madu untuk Obat Alami


Sejak dulu madu sudah dipergunakan sebagai pembalut luka seperti luka bakar karena matahari dan sebagai obat alami untuk penyakit seperi diare, batuk serta radang tenggorokan. Madu mentah adalah jenis madu yang sering digunakan dalam mengobati luka. Komponenan dan kandungan madu mempunya sifat yang menguntungkan dalam proses penyembuhan luka.

Sifat madu sebagai antiradang dan anti infeksi menjadikan madu sebagi pertolongan pertama yang ideal dalam penyembuhan luka terkhusus pada anak, luka yang dioleskan madu menjadi dua kali lebih cepat sembuh dengan penggunaan madu. Salah satu kandungan dalam madu yakni Propolis merupakan zat yang mempunya sifat antibakteri, kemampuan lain madu untuk penyembuhan luka adalah merangsang regenasi jaringan dikarenakan kandungan nutrisinya yang meliputi asam mineral, amino, vitamin, dan glukosa.

Dengan adanya kandungan zat tersebut membuat luka pada anak cepat sembuh. Sariwan dimulut pada anak sangat mengganggu, rasa sakit yang ditimbulkan akan semakin menjadi pada saat makan dan minum sehingga anak menjadi enggan untuk makan. Prinsip dalam mengatasi sariawan adalah dengan mencegah terjadinya infeksi, maka madu sangat cocok untuk suatu obat sebagai antiradang, antibakteri dan antiseptik.

Madu dapat merangsang regenerasi jaringan yang dimiliki oleh madu menjadikannya sebagai alternatif obat yang baik untuk mengatasi sariawan. Penggunaannya untuk mengobati sariwan pada anak sangat mudah hanya dengan mengoleskan madu pada luka sariawan tersebut.


No comments:

Post a Comment