Referensi Hal Bermanfaat Untuk Pembaca

Penyebab Demam dan Bahayanya Pada Anak

Sri BLogPenyebab demam tentunya berbeda-beda. Namun demam adalah bentuk pertahanan tubuh untuk memberitahukan, bahwa ada sesuatu yang terjadi atau lebih tepatnya sebagai alarem. Ini merupakan alarem dalam tubuh yang diberikan dari yang Maha kuasa agar kita waspada dan menyadari bahwa tubuh kita terjangkiti suatu.

Penyebab Demam

Demam atau peningkatan suhu tubuh terjadi disebabkan oleh beredarnya suatu molekul kecil di dalam tubuh kita yang disebut dengan PIROGEN, PIROGEN atau Zat pencetus panas. Atasi demam pada anak Zat PIROGEN terbentuk karena dalam tubuh kita terjadi Inflammation dan Infeksi.

Inflammation adalah peradangan sedangkan radang bisa disebabkan karena infeksi karena kuma atau virus sedangkan, sedangkan peradangan yang disebabkan karena bukan infeksi disebabkan karena alergi, trauma tubuh, atau tubuh salah menanggapi. Sedangkan Penyakit adalah dimana penurunan kondisi tubuh yang disebabkan mikroorganisme berupa kuman atau virus dan meunjukan tanda-tanda tertentu.

Demam pada anak tidak selalu pertanda adanya penyakit. Keadaan seperti itu bisa saja terjadi karena kekurangan cairan dapat menyebabkan kita menjadi demam. Setelah mengetahui anak demam lakukan pengkuran suhu tubuh, dengan kriteria berikut

  1. Bila demam pada anak atau balita tidak terlalu tinggi ≤ 37,5 derajat celcius tidak perlu dikompres. Cukup berikan vitamin minum sesering mungkin untuk mencegah terjadinya dehidarasi atau kekurangan cairan dan istirahatkan tubuh anak. 
  2. Bila demam pada anak atau balita tinggi ≥ 38 derajat celsius dan disertai gelisaha atau tidak nyaman, Posisikan anak agar nyaman kemudian kompres dengan air hangat di bagian ketiak dan lipatan pahanya. 

Sambil diberi obat penurun panas, lihat perkembangan anak setelah 2 jam hingga 6 jam mengkonsumsi obat. Untuk Jenis obat yang aman dan umum digunakan di Indonesia adalah jenis parasetamol walopun memang ada jenis obat yang lain seperti ibuprofen namun untuk anak-anak ibuprofen memiliki efek samping berupa dyspepsia yakni kondisi dimana lambung terasa tidak nyaman, dan sangat tidak cocok bila demam anak disertai muntah. ataupun alternatifnya berupa madu, dan banyak minum air putih.

Bila setalah mengkonsumsi obat pada rentang tersebut tidak memberikan evek samping dan panas anak bertambah segeralah kedoketer. Karena bila dibiarkan dan suhu tubuh anak bertambah dapat berakibat Hiperpireksi atau suhu tubuh lebih dari 41 derajat celcius dan resiko kejang yang beresiko meninggal pada anak.



0 komentar:

Posting Komentar